Subang, 27 Agustus 2025 — Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIQ As-Syifa menyelenggarakan pelatihan lanjutan pengelolaan jurnal ilmiah bagi para Editor in Chief di lingkungan STIQ As-Syifa. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala LPPM, Apri Wardana Ritonga, M.Pd., yang sekaligus bertindak sebagai narasumber utama.
Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya profesionalitas dalam pengelolaan jurnal. “Pengelolaan jurnal di lingkungan STIQ As-Syifa harus dijalankan secara profesional dengan mengacu pada standar ilmiah yang ketat. Para editor diharapkan mampu memperhatikan instrumen akreditasi Arjuna, sehingga dalam dua tahun ke depan seluruh jurnal dapat diajukan akreditasi dengan hasil yang baik,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, LPPM juga memperkenalkan lima jurnal baru yang akan dikelola oleh para editor sebagai bentuk komitmen STIQ As-Syifa dalam mengembangkan tradisi akademik dan publikasi ilmiah:
Indonesian Journal of Arabic Education and Learning – Editor in Chief: Dr. Agus Supriatna, M.Ed.
Al-Afkar: Jurnal Pemikiran Mahasiswa – Editor in Chief: Feri Rustandi, S.Pd., M.M.
Suluh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat – Editor in Chief: Khoirul Muhtadin, M.Ag.
Kahf: Journal of Management and Sharia Business – Editor in Chief: Abdul Rohman, M.Ag.
Al-Idarah: Journal of Islamic Education Management – Editor in Chief: Ela Sartika, M.Ag.
Sebagai bagian dari kegiatan, dilakukan pula penyerahan Surat Keputusan (SK) pengelola jurnal yang ditandatangani oleh Ketua STIQ As-Syifa, Dr. Sofyan Puji Pranata, S.Pd.I., M.Ag., kepada masing-masing editor sebagai bentuk legitimasi dan tanggung jawab formal dalam pengelolaan jurnal.
Melalui kegiatan ini, STIQ As-Syifa menegaskan kesungguhannya dalam membangun ekosistem akademik yang produktif dan berdaya saing, baik di tingkat nasional maupun internasional. Kehadiran jurnal-jurnal baru diharapkan dapat menjadi wadah bagi dosen, mahasiswa, dan peneliti untuk menyebarluaskan karya ilmiah yang berkualitas serta memberi kontribusi nyata bagi perkembangan ilmu pengetahuan.